Artikel Memberi Nama yang Baik, Memberi Contoh, dan Mengajarkan Agama - Seri Kajian Pendidikan Anak

Tanggal : 2011-04-22 00:59:55

Memberikan Nama yang Baik

Imam Ibnu Qoyim menyebutkan di zamannya, “Jarang kau dapati nama yang buruk kecuali melekat pada orang yang buruk pula. Dan Allah dengan hikmah yang terkandung dalam qadha dan qadarnya memberikan ilham kepada jiwa untuk menetapkan nama sesuai yang punya.” Orang yang memiliki nama yang baik, kadang malu jika mengerjakan suatu keburukan. Dia berusaha agar dapat mengerjakan kebaikan sesuai dengan namanya. Syaikh Bakr Abu Zaid mengatakan bahwa dosa-dosa dapat diampuni dengan taubat, tapi ada dosa yang sulit untuk dihilangkan. Yaitu dosa memiliki nama yang jelek. Misalkan seorang kafir yang masuk Islam kemudian diberikan nama hijrah, akan tetapi nama saat dia kafir masih tetap tertulis di surat-surat resmi seperti paspor, ijasah, dll.

Memberikan Contoh yang Baik

Contoh pengaruh orang tua terhadap anak: Abdullah bin Zubair merupakan putra dari Zubair bin Awam. Dalam Syiar Alamin Nubala diriwayatkan dari Urwah bahwa telah masuk Islam Zubair bin Awam, ketika itu beliau berumur 8 tahun. Dan tersebar isu bahwa Rasulullah sudah dibunuh di Makah, maka Az Zubair keluar sedangkan umurnya baru 12 tahun, di tangannya ada pedang. Orang yang melihatnya takjub, beliau berjalan sampai kehadapan Rasulullah. Ditanya Rasulullah kenapa Zubair bin Awam membawa pedang seperti itu, dijawab bahwa Az Zubair ingin membunuh orang yang telah membunuh Rasulullah sebagaimana tersebar dalam berita bohong yang dia dengar. Kisah Abu Ali Fudhail bin Iyadh dengan anaknya yang terkenal dengan zuhud dan rasa takutnya. Disebutkan bahwa beliau membaca surat Al Haqqah dalam shalat shubuh, saat sampai ayat “Tangkaplah dia lalu belenggulah lehernya ke tangannya” (Al Haqqah : 30) maka beliau menangis. Kemudian saat shalat Maghrib beliau menjadi imam dan putranya berada di sampingnya. Kemudian membaca surat At Takatsur, saat sampai ayat “Kemudian kamu benar-benar akan melihatnya dengan mata kepala sendiri. Kemudian kamu benar-benar akan ditanya pada hari itu tentang kenikmatan (yang megah di dunia itu)” (At Takatsur : 7-8). Maka Ali bin Fudhail pun menangis sampai seperti pingsan, sedangkan Fudhail bin Iyadh juga ikut menangis dan terbata-bata dalam membaca ayat. Maka hendaknya orang tua memberikan contoh yang baik kepada anak-anaknya baik dalam urusan dunia atau akhirat. Misal ibu segera mengerjakan shalat jika adzan sudah berkumandang walaupun baru mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

Memberikan pendidikan agama

Memberikan pendidikan agama sesuai tingkat pemahaman anak. Mengajarkan rukun Islam, rukun Iman, dll. Membiasakan anak-anak untuk menghafal Al Quran dan hadits-hadits Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wasalam. [SND] 04 Arti Nama dan Teladan Orang Tua Terhadap Anak Al Ustadz Luqman Jamal Lc. mp3 1.7M Nama anak nama anak yang baik contoh yang baik anak anak pendidikan pendidikan anak didik anak pendidikan agama anak pendidikan agama nama nama yang baik nama nama yang baik untuk anak nama yang baik nama anak yang dibenci allah nama yang baik dalam islam nama-nama anak yang baik contoh nama anak arti nama nama nama dalam al quran nama nama yang baik contoh nama nama kebaikan contoh nama-nama yang bagus contoh nama-nama yang bagus dalam islam contoh nama-nama yang baik dalam islam memberi nama yang baik nama bayi yang baik paling bagus di dunia Sudah ada panduang ringkas dan lengkapnya juga dalam artikel Panduan Memberi Nama Anak / Bayi Secara Islami